Panduan Sederhana Menjaga Camera Mirrorless/DSLR Supaya Lebih Awet

Anda senang beli peralatan/gear photografi untuk mendukung hoby? Permasalahannya, selanjutnya tuch menjaga tidak segampang beli. Terkadang kebanyakan mempunyai gear berbuntut tidak sempat merawatnya, akhirnya performnya lebih buruk lantas Anda “membuangnya”. Hmmm, janganlah sampai demikian ya!

Senang tidak senang Anda harus merawatnya, minimum tahu bagaimana triknya memperlakukan secara benar supaya umur peralatan photografi Anda dapat lebih panjang.

Tidak susah kok seperti yang akan kita bahas di bawah ini.

Pakaian Bukan Kain Pembersih Lensa

Buat Anda yang masih tetap senang menggunakan pakaian untuk mengelap lensa camera seharusnya selekasnya menghentikannya. Walaupun terlihat bersih tetapi pakaian telah ditempeli partikel debu serta keringat yang tidak kasat mata tetapi benar-benar punya pengaruh untuk lensa.

Ingat-ingatlah, lensa mempunyai susunan optical yang peka. Belum juga kainnya dapat menggores susunan lensa. Sama dengan kacamata, jika Anda sembarangan mengelapnya maka cepat ada guratan halus.

Langkah paling baik ya pakai kain lap spesial untuk lensa. Semakin lebih baik menggunakan air blower serta brush spesial yang dapat dibeli di toko camera.

Gunakanlah Strap Camera

Tali/strap camera bukan sebatas hiasan sebab dibuat untuk jadi pengaman camera Anda. Ada yang tidak senang memakai tali camera sebab repot/tidak bebas tetapi seharusnya masih digunakan. Lebih bagus Anda melatih diri dibanding camera rusak sebab terjatuh. Bisa kan Anda sedang memphoto mendadak tersenggol lantas camera lepas dari tangan. Itu buat tali camera, hindari tragedi semacam itu.

Lakukan tutup lensa camera

Waktu Anda sedang tidak memakai camera, yakinkan lensa dalam kondisi tertutup. Begitu juga waktu lensa dilepaskan dari body camera. Yakinkan depan belakang, semua tertutup cap supaya masih terbangun bersih. Ditambah lagi bila memphoto di outdoor, harus tambahan berhati-hati.

Jagalah sensor

Sensor itu bukan hanya peka pada sinar dan juga debu serta kotoran. Bila Anda menggunakan lensa interchangeable (alias yang dapat ganti-ganti lensa) maka ada eranya sensornya kotor. Itu lumrah berlangsung, serta di masa tehnologi hebat adanya self-cleaning sensors di camera keluaran paling baru.

Baca Juga : 6 Teknik Fotografi Perjalanan

Untuk mengawasinya masih bersih, yakinkan lensa tetap terpasang pada body camera. Bila akan melepas lensa, yakinkan langsung tutup sensornya gunakan bodi cap secepat-cepatnya. Kalaulah tidak sangat mungkin cepat karena itu Anda dapat membaliknya, menempatkan sensor yang terbuka menghadap ke bawah hingga meminimalkan kotoran masuk ke sensor. Yakinkan tempat untuk mengubah lensa kering serta bersih ya.

Sabarlah menanti Memory card

Telah jadi ketentuan umum tidak untuk melepas memory card saat camera masih on. Umumnya camera mempunyai lampu “status” yang akan berkedip saat card sedang dibuka. Jadi yakinkan prosedurnya telah usai prima sebelum keluarkan memory card. Jika belum usai berproses ya bersiap Anda kehilangan file photo/video.

Sesudah mem-back up data seharusnya di-reformat saja. Anda dapat mengerjakannya dengan terhubung menu seting di camera. Tiap beli memory card baru seharusnya di-format dahulu di camera sebelum menggunakannya. Mengapa harus dilaksanakan di camera?

Sebab dicemaskan format ingatan yang awalnya tidak cocok dengan camera baru Anda kelak. Jadi jika card-nya error coba diformat saja.

Isikan baterei sebelum dipakai

Walau Anda tidak memakai camera dalam periode waktu lama masih charge baterainya sebelum digunakan. Karena didalamnya pasti masih menyusut, ditambah lagi bila keadaan penyimpanan begitu panas atau begitu dingin.

Janganlah lupa bawa serta cadangan baterei serta charger-nya dimanapun waktu Anda bawa camera. Baterei yang tiba-tiba habis tentu saja akan membuat Anda kehilangan peristiwa bernilai kan.

Bawa tas camera

Cukup banyak orang yang menyukai photografi, umumnya pemula, malas bawa tas camera sebab menganggap repot atau begitu mengundang perhatian. Tetapi seharusnya ya bawa serta tas camera membuat perlindungan gear photografi Anda.

Tetapi jangan asal-asalan pilih tas karena hanya Anda senang. Pilih dari merek camera Anda atau bila ingin merek lain yakinkan dalamnya ada sekat-sekat. Fungsinya untuk meredam gear supaya tidak terbentur keduanya waktu terserang guncangan waktu bergerak. Terdapat beberapa tipe tas camera kok dari mulai sling bag, shoulder bag sampai ransel.

Share post