5 Tehnik Buat Fotografi Landscape

Perkembangan teknologi digital dalam dunia fotografi semakin mengundang banyak orang jatuh hati pada kegiatan belajar fotografi, dari yang sekedar coba-coba, menjadikannya sebagai gaya hidup sampai yang memang menjadi panggilan hati. hal yang menarik lagi adalah menjadikan internet sebagai media berbagi yang sungguh efektif.situs-situs komunitas maupun personal, hampir setiap hari menampilkan karya foto terbaru.

1. Keluarlah seringkali

Namun jangan kuatir, kita tak akan kehabisan moment. Sebab pokok dari potografi landscape yakni ada pada tempat yang pas serta waktu yang pas.

Seringkali ke tempat yang kamu gemari karena itu peluang mendapat photo yang bagus berubah menjadi makin besar. Alam punyai jadwalnya sendiri, serta kita tak akan sadari. Namun jangan lupakan rencana kita sendiri.

2. Serius

Jadilah sedikit serius kalau bertemu dengan objek anda. Pakai camera dengan serius. Camera apa saja, kalau anda telah men-set mind anda kalau kamu bisa membuahkan photo yang bagus, karena itu kamu bakal mendapat photo yang bagus. Ingat, segalanya yakni terkait kemauan.

Sewaktu bertemu dengan scene, pakailah previsualisasi. Seperti apa ya jadi kalaupun di photo kelak ? Konstruksi apa yang paling pas ? Bagaimana exposurenya ? Bagaimana kalaupun dieksplorasi dari pojok lain? Kalaupun jadi hitam putih?

Baca Juga : Pengertian dan Jenis Fotografi Landscape

Pokoknya, renungkan hasil jadi sebelum motret. Sebab photo yang bagus yakni photo yang bagus. Penonton photo tidak perduli apa fotonya buruk atau hampir bagus. Yang ada yakni photo bagus serta photo buruk hehe.

3. Research objek anda

Sebab baru kemaren dinasehatin sama om Romi yang tukasnya : Berikan jiwa penelitian kalian dalam kehidupan satu hari – hari hehe! Karena itu coba penelitian dulu objek anda, pertanyaan berikut ini kemungkinan bisa sedikit menolong :

•             Apakah musimnya pas ?

•             Apakah saatnya pas (pagi/siang/sore/malam) ?

•             Apakah matahari/bulan nampak pada tempat yang sama, atau berpindah-pindah?

•             Apakah tempatnya aman?

•             Alat apapun yang diperlukan ?

•             Bagaimana ketersedian makanan ?

•             Berapa sich hawanya ?

•             Apakah kita siap mental ?

•             Dan masih beberapa pertanyaan yang nampak serta tidak ada hubungan dengan potografi sekalipun.

4. Camera semata-mata satu alat

Camera yang bagus bisa berikan terperinci, ketajaman, serta warna yang gemilang. Namun tidak dapat berikan anda konstruksi yang baik, gambar yang artistik, atau membuat perubahan sinar alam.

Camera yang baik yakni camera yang tidak bikin kita rasakan kekurangan sebab gear itu. Sebab karena itu kita semakin lebih terkonsentrasi bikin photo yang kreatif, serta tidak pikirkan yang lain-lain.

5. Jangan memaksa kehendak

Photo yang bagus yakni photo yang ada jiwa di dalamnya. Kalaupun kita tidak dapat nikmati alam serta mensyukuri apa yang diberikannya, kemungkinan besar tidak ada mood serta jiwa yang tertangkap dalam photo kita. Biarlah alam yang bicara terkait kecantikannya, kita tinggal nikmati serta memotretnya.

Kalau kita ada ke satu tempat yang gemilang indah, tetapi tidak sempat memotretnya. Syukurlah kita masih dapat memandangnya. Jangan ada rasa menyesal sedikitpun. Jadi pikirlah kalaupun hunting landscape, baiknya maksud kita buat nikmati alam, tidak untuk hunting saja.

Jujur saya kurang sukai dalam kata ‘hunting’, saya lebih sukai mengatakan ‘photo walk’ Menengelamkan anda dalam keindahan alam itu, automatic anda bakal mendapat keindahan alam yang bakal anda photo.

Share post