6 Teknik Fotografi Perjalanan

1. Mendekati serta pahami subyek

Coba asumsikan ada satu orang yang tidak diketahui, mendadak memphoto kita dengan camera SLR super besar itu, selanjutnya selanjutnya pergi demikian saja.

Apa ingin kita diperlakukan begitu? Semestinya tidak. Seperti sama dengan subyek yang bakal kita potret. Coba mendekati dengan perlahan-lahan serta senyuman, jika butuh jangan mengeluarkan camera lebih dahulu.

Berbincanglah. Mencari narasi terkait dianya sendiri. Selesai dia rasakan nyaman, baru mengambil fotonya. Lihatlah bedanya, ekspresi bakal kelihatan lebih alamiah. “Forget the long lens, bru. Things only look great up close, ” kata kevin carter dalam film the bang-bang tim.

2. Less is More

Nah, bawaan waktu traveling sudah tentu kebanyakan, serta rasa-rasanya tas kita kurang besar. Ingin ditambah camera ? Cukup bawa juga satu camera saja. Battery bisa harus yang banyak. Jika bawa juga type DSLR, arahan saya bawa lensa fixed/prime. Sebab lensa ini kecil, enteng, serta bikin photo kita lebih bagus. Meskipun tidak dapat zoom, lensa fixed bikin kita berpikir untuk memaksimalkan frame yang ada.

Baca Juga : 5 Tehnik Buat Fotografi Landscape

Bawa lensa ‘sapu jagat’ seperti 18-200mm atau 28-300mm tidaklah masalah. Namun menurut pengalaman, lensa begitu sesuai untuk having fun. Lensa fixed masih lebih bagus buat photo yang ‘serius’.

3. Mengambil photo waktu ‘Golden hour’

Semestinya kita semuanya telah mengetahui, sore dan pagi hari yaitu sinar terunggul sebab sinar yang ada dari samping mendefinisikan yang baik buat subyek. Lantas warnanya yang hangat serta intensitasnya yang lembut.

4. Jauhi cliche´

Photo yang cliche (klise) yaitu photo yang sudah seringkali diambil oleh orang, maka nampaknya kesemuanya orang udah miliki photo itu. Pastinya photo yang begitu bakal bikin jadi bosan.

Contoh-contohnya yaitu photo bromo dari pananjakan, photo landmark satu kota, sunset, photo pohon yang tengah sendiri, serta motif lain yang seringkali kita melihat. Foto-foto itu jadi klise bukan tanpa ada faktor. The become cliche because they look good!

Metode menghindarinya yaitu sebelum traveling study lebih dahulu objek apapun serta foto-foto seperti apa yang udah diambil. Jauhi photo ‘postcard’. Serta waktu ambil photo coba ambillah sudut-pandang serta tehnik pemungutan lainnya.

5. Jangan lupakan Terperinci

Kadang detail-detail yang kecil lolos dari perhatian kita. Walau sebenarnya perihal kecil itu kerap dapat jadi pemanis dalam narasi perjalanan kita.

6. Senantiasa siap dengan camera

Cari decisive momen. Senantiasa bawa juga camera kemana saja, kejadian bagus itu tidak cuma hoki. Namun hoki itu dapat diperoleh jika kita senantiasa siap.

Share post